Tips Scuba Diving Bagi Pemula

ocean_dimensions_scuba_diving

Tips dan cara diving / selam bagi yang masih pemula adalah sebagai berikut ini. Namun sebelum itu perlu diketahui apakah itu diving / selam. Pengertiannya yaitu seatu kegiatan di dalam air dapat berupa olahraga, penelitian, pekerjaan atau sekedar fun dan hunting foto.

Alat Dasar Penyelam

scuba-diving-equipment

Agar anda dapat melakuka penyelaman anda harus menggunakan alat bantu yang bernama SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) yang jika diartikan kurang lebihnya peralatan untuk bernafas dalam air. Beberapa peralatan Scuba diantaranya:

1. Tabung/Air Tank = digunakan untuk menyimpan udara
2. Regulator = Selang untuk menyalurkan dari tabung ke mulut
3. Oktopus = Berguna untuk menyembungkan dari selang regulator ke mulut (digigit)
4. Deep gauges = Alat pengukur kedalaman
5. Presure gauges = Alat untuk mengukur tekanan / kapasitas udara dalam tabung
6.  BCD = Alat berbentuk rompi yang berguna untuk menempelkan tabung ke badan kita
7. Weight belt = Alat yang berupa besi dan sabuk untuk menambah berat kita supaya dapat tenggelam
8. Wetsuit = Berupa baju selam yang menutupi rapat tubuh kita
9. Masker = Untuk melihat dalam air
10. Fins = Alat bantu yang sering disebut kaki katak

Alat bantu tambahan diving

1. Dive comp = Alat otomatis mengatur dive time, kedalaman, suhu, agar tidak terkena penyakit penyelaman
2. Pisau selam = Membantu meotong dalam air
3. Senter = Penerangan saat night dive atau penyelaman gelap
4. Sarung tangan = Berguna untuk melindungi tangan, karena sering memegang untuk kesimbangan tubuh
5. Hook = Alat untuk menutupi muka untuk pelindung serangan biota laut
6. Sempritan = Digunakan untuk memanggil kapal / teman ketia sudah berada di permukaan

Cara Dasar Penyelaman untuk Pemula

Penyelam pemula memang pernah saya rasakan dulu adanya rasa takut, senang, grogi, antara bisa dan tidak, malu-malu tapi mau. maka dari itu untuk memperkuat keinginan anda belajar tentang penyelaman pertama kali perlu diperhatikan beberapa teknik pengendalian diri berikut ini:

1. Tenang dan Yakin

Tenang dan yakin: Anda harus yakin bahwa anda bisa melakukannya, karena segala prosedur dan peralatan yang telah anda gunakan sudah terbukti aman untuk semua orang yang mengikutinya. Tenang adalah sikap yang paling utama dalam penyelaman perdana, anda tidak perlu khawatir jika terjadi apa2 didalam karena pastinya anda tidak akan dan jangan melakukan penyelaman sendiri (never dive alone). Ada teman / buddy yang selalu menemani anda, pastikan buddy anda yang sudah mahir dan memiliki sertifikat membawa orang. Dalam keadaan apapun usahakan merasa tenang, karena dengan tenang maka anda lebih mudah berfikir dan bergerak di dalam air.

2. Melakukan Prosdur Entry yang Benar

Entry atau proses masuk ke air adalah proses dimana anda akan merasa sangat takut dan senang. Proses ini gampang-gampang susah, anda dapat melakukannya dengan beberapa cara yaitu memasang SCUBA dive di air atau melompat sambil sudah menggunakan Scuba di tubuh anda. Cara yang rekomended adalah memasang alat scuba di air segali masih pemula.

3. Ikuti Petunjuk yang di Berikan Insturktur

Seperti yang saya singgung diatas, anda pastinya akan dibantu oleh dive master sebagai pelatih anda. Ikutilah segala petunjuk dan aktifitas diving, Biasanya anda akan di brifing terlebih dahulu sebelum anda masuk ke dalam air. Lakukanlah sebaik dan setaat mungki agar anda dapat belajar tahap demi tahap sehingga mendapatkan kenyamanan dalam penyelaman.

4. Lakukan Pergerakan Tubuh yang Benar

Posisi badan akan sangat mempengaruhi penyelaman / bouyency / daya apung kita dalam air. Buat badan anda senyaman mungkin untuk melakukan pergerakan, tidak perlu terburu-buru karena tidak ada yang perlu diselesaikan dalam penyelaman pemula. Lakukan juga pergerakan tangan / kaki secara benar supaya dapat menghasilkan tenaga yang kuat dan tidak cepat capek. Lakukan pergerakan sesimpel mungkin jangan yang aneh2. Biasanya anda akan disuruh berhenti dan mengecek segala peralatan setelah berada di perairan (kolam/laut).

5. Ekualising Saat Turun

Ekualising adalah tindakan menyesuaikan tekanan dalam kuping dengan bagian luar tubuh. Cara yang di bisa digunakan yaitu dengan menutup lubang hidung kemudian keluarkan udara lehat hidung dengan tangan masih memencet hidung anda. Atau bisa juga anda menelan ludah (ini biasanya dilakukan oleh yang sudah profesional) Untuk waktu ekualising lakukanlah sesering mungkin / jangan sampai terasa sakit baru anda ekualising. Sebisa mungkin jika anda masuk setiap 1 meter lakukanlah ekualising semkipun kuping anda tidak merasa sakit / tertekan.

6. Jangan Merasa Takut dan Nikmati

Kegiata diving ini termasuk kegiatan yang mahal, jadi jika anda tidak dapat menikmati maka percuma saja anda membuang uang banyak untuk hal yang tidak anda nikmati. Selain itu memang kegiatan selam merupakan kegiatan yang menurut saya sangat nikmat dan nyaman karena berada dalam air dengan waktu yang cukup serta melihat pemandangan terumbu karang, ikan, biota lain secara langsung adalah pengalaman paling menarik dalam hidup.

7. Lulus Uji Sertifikasi

Sebelum melakukan penyelaman seharusnya anda lulus ujian sertifikasi selam dapat dilakukan di PADI, CMAS, aau lainnya. disana anda akan mendapatkan pelajaran dan tekni ksecara dasar dan penting untuk cara penyelaman.

Intinya adalah harus tenang jika terjadi trouble dan nikmati pengalaman menyelam anda sebaik mungkin. Semoga ini dapat menjadi referensi yang baik dan positif bagi anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: