5 PENDAKI PERTAMA YANG BERHASIL MENCAPAI PUNCAK EVEREST

Puncak Gunung Everest merupakan tantangan terbesar bagi para mountaineer untuk mencapai puncak tertinggi di dunia. Edmund Hillary dan Tenzing Norgay merupakan orang yang pertama menaklukan Everest. Kesuksesan mereka menginginspirasi pendaki lainnya untuk mendaki gunung tertinggi ini. Gunung Everest memiliki gengsi tersendiri, selain memiliki puncak tertingginya, gunung Everest juga menawarkan jalur pendakian yang sangat menantang. Perlu diketahui terdapat dua jalur pendakian yang bisa diambil untuk mendaki gunung Everest. Jalur yang biasa ditempuh oleh para pendaki adalah punggung bukit bagian tenggara. Jalur pendakian lainnya yaitu punggung bukit arah timur laut, jalur ini merupakan rute yang bisa diambil dari arah utara dan terletak di negara China. Jalur pendakian ini merupakan yang tersulit dan sangat susah untuk mencapai puncak Everest melalui jalur tersebut.

Dalam artikel ini Explore Gunung akan membahas 5 orang yang sukses mencapai puncak gunung Everest. Hal ini jelas adanya bahwa 5 orang yang sukses mencapai puncak Everest tersebut telah berhasil menerima resiko terbesar dalam kehidupan mereka yaitu kehilangan nyawa. Kisah keberhasilan mereka menginspirasi banyak pendaki dari seluruh dunia. Mendaki gunung Everest (8,848 mdpl) merupakan impian seluruh pendaki di seluruh dunia. Mencapai puncak tertinggi Himalaya tersebut membutuhkan usaha ekstra keras dan perencanaan yang mesti terperinci. Inilah daftar 5 pendaki pertama yang telah berhasil menaklukan gunung Everest.

Sir Edmund HillarySir Edmund Hillary

1. SIR EDMUND HILLARY (29 MEI 1953)

JALUR PENDAKIAN: PUNGGUNG BUKIT ARAH TENGGARA

Sir Edmund Hillary merupakan orang pertama yang berhasil menggagahi puncak tertinggi dunia ini. Edmmund Hillary lahir pada 20 Juli 1919 di Tuakau, Selandia Baru. Sebelum mendaki Everest, Edmund Hillary mendaki beberapa gunung di Selandia Baru dan gunung Alpen. Sir Edmund Hillary merupakan bagian dari ekspedisi British yang dipimpin oleh Lord John Hunt. Ia berhasil mencapai puncak gunung pada jam 11.30 am di pagi hari. Ia mengembangkan bakat pendakiannya ketika menginjak SMP, mencapai puncak gunung Ollivier merupakan pencapaian pertama dari Edmund Hillary.

Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa EverestSir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa di Puncak Gunung Everest

2. TENZING NORGAY SHERPA (29 MEI 1953)

JALUR PENDAKIAN: PUNGGUNG BUKIT ARAH TENGGARA

Tenzing Norgay Sherpa mendaki gunung Everest pada 29 Mei 1953, ia merupakan bagian dari Ekspedisi British (rombongan yang berhasil sukses mencapai puncak) yang juga berisikan nama Edmund Hillary. Tenzing Norgay Sherpa dilahirkan persis dengan tanggal keberhasilannya mencapai puncak Everest yaitu 29 Mei 1914 di Khumbu, Nepal. Sebelum mencapai puncak Everest pada 1953, Tenzing Norgay Sherpa bersama dengan Raymond Lambert ikut ambil bagian dalam ekspedisi Swiss dan berhasil mencapai rekor ketinggian di gunung Everest yaitu 8,600 m. Tenzing Norgay Sherpa berpartisipasi dengan dua ekspedisi di tahun 1952, pada ekspedisi pertama cuaca buruk menyerang tim dari ketinggian 8,100 m.

3. ERNST SCHMIED (23 MEI 1956)

JALUR PENDAKIAN: PUNGGUNG BUKIT ARAH TENGGARA

Ernst Schmied merupakan bagian dari ekspedisi Swiss yang dipimpin oleh Albert Eggler. Dalam ekspedisi tersebut tidak banyak kecelakaan dan insiden yang terjadi. Ledakan dinamit digunakan untuk membuka jalan sepanjang ekspedisi tersebut. Dalam pendakian tersebut, pendaki menyeberangi celah-celah gunung menggunakan balok dan tangga.

AS VerlagErnst Schmied

4. JÜRG MARMET (23 MEI 1956)

JALUR PENDAKIAN: PUNGGUNG BUKIT ARAH TENGGARA

Jürg Marmet dilahirkan pada 14 september 1927 di Bern, Swiss. Awalnya Marmet merupakan seorang pemandu gunung dan teknisi kimia. Sepanjang perjalanan mencapai puncak gunung Everest, Marmet dibarengi dengan teman ekspedisinya yaitu Ernst Schmied. Sebelum mendaki gunung Everest, Jürg Marmet telah mencapai beberapa puncak gunung, ketinggian berkisar dari 5,000 m hingga 6,000 m.

marmet-originalJürg Marmet

5. DÖLF REIST (24 MEI 1956)

JALUR PENDAKIAN: PUNGGUNG BUKIT ARAH TENGGARA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dölf Reist merupakan bagian dari ekspedisi Swiss dimana Jürg Marmet dan Ernst Schmied merupakan anggota didalamnya. Puncak Everest berhasil diraihnya berkat panduan dari pemimpin ekspedisi Hans Rudolf von Gunten. Keberhasilan mencapai puncak diraih Dölf Reist sehari setelah Ernst Schmied dan Jürg Marmet berhasil mencapai puncak Everest. Dölf Reist dan Hans Rudolf von Gunten mencapai puncak dari kamp 7 setelah 4 jam perjalanan. Mereka berdua tetap berada di puncak untuk menikmati keberhasilannya selama kurang lebih 2 jam.

Sumber : https://www.exploregunung.net

 

2712050_fancybox_1owfYt_JDwjbN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: